Kamis, 06 Desember 2012

Engineering = boring, think again !!!


oleh Rezza Kudo
Kuliah di Teknik - bosen?
Kuliah di Teknik - males, banyak itungannya
Kuliah di Teknik - capek, banyak praktikumnya
Kuliah di Teknik – puyeng, banyak istilah yang gak dimengerti
Jika itu yang ada di pikiran temen-temen saat ini, maka harus dikaji lagi pengertian dan metode belajar kalian di dunia engineering
Mahasiswa sekarang, STMI khususnya, menurut pendapat saya terlalu mengikuti metode pembelanjaran yang sudah tidak adaptif. Mengapa saya bilang tidak adaptif, karena sebagian besar terlalu bergantung untuk mencari ilmu hanya dari dosen. Sesekali menyentuh dunia luar, itupun karena tugas yang diberikan dari dosen, dosen masih menjadi dewa pemberi ilmu.yaah, seperti itulah pendapat saya.:p
Hal ini yang melatar belakangi akhirnay mengapa kita memiliki paradigm diatas “Jurusan teknik membosankan”. Sedikit tapi pasti saya coba berbagi kepada temen-temen agar bisa merubah paradigma seperti diatas..
Semakin pula disadari bahwa setiap mahasiswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Oleh karena itu perlu dikaji bagaimana metode belajar yang pas bagi pribadi kita..
Selain itu, dari sisi dosen, juga sebaiknya tidak berhak untuk merampas hak mahasiswa untuk belajar untuk belajar [learning how to learn]. Jangan lagi dicekoki, pasif.
Saya tidak menekankan mahasiswa untuk semuanya menjadi aktif, tapi cobalah bandingkan apa yang kita terima dari dosen dengan perkembangan yang terjadi di kenyatan dunia industry. Perbanyak referensi dan diskusi. Meski terdengar sangat rumit, tapi perlahan jika dijalani, pasti bermanfaat.
Di tambah lagi, industri tempat mahasiswa nantinya bekerja sangat menekankan perlunya soft skills. Kemampuan untuk bekerja bersama orang lain.
Di beberapa mata kuliah yg pernah saya ampu, saya coba lakukan inovasi agar tidak membosankan, menyisipkan materi-materi soft skills seperti kepemimpinan, inovasi dan risk taking. Inilah di antaranya:
Secara umum, konsep yang digunakan dalam pengembangan metode pembelajaran inovatif ini adalah Kolb’s experiential learning. Intinya, mahasiswa akan senang melakukan sesuatu dan merefleksikan pengalaman pribadinya. Belajar dari pengalaman.
Sesuai dengan pepatah dari timur:
Tell me then I will forget
Show me then I will remember
Involve me then I will understand

0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR FACEBOOK

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host